Jawaban siapa sajakah toko yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia? tolong dijawab dengan bena…

By | April 15, 2022

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: siapa sajakah toko yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia? tolong dijawab dengan bena…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

siapa sajakah toko yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia?

tolong dijawab dengan benar ya!:)​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: siapa sajakah toko yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia?

tolong dijawab dengan benar ya!:)​

Dalam merumuskan dasar negara, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyelenggarakan sidang pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Sidang tersebut membahas dasar negara yang akan dibuat dengan menghadirkan sejumlah tokoh nasional.

Dalam pembahasan dasar negara tersebut, hadir beberapa tokoh nasional yang juga menyampaikan gagasannya. Tiga sosok di antaranya adalah Moh. Yamin, Soepomo, dan Ir. Sukarno.

Siapa Saja Tokoh yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara?

Masing-masing tokoh nasional itu memberikan gagasan dasar negara yang berbeda-beda. Adapun isi gagasan masing-masing tokoh mengenai dasar negara tersebut adalah sebagai berikut.

Dasar negara yang diusulkan Sukarno

Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme

Peri Kemanusiaan (Internasionalisme)

Mufakat atau demokrasi

Kesejahteraan Sosial

Ketuhanan yang Maha Esa

Dasar negara yang diusulkan Supomo

Persatuan

Kekeluargaan

Keseimbangan lahir dan batin

Musyawarah

Keadilan rakyat.

Dasar negara yang diusulkan Moh. Yamin

Peri Kebangsaan

Peri Kemanusiaan

Peri Ketuhanan

Peri Kerakyatan

Kesejahteraan rakyat

Setelah sidang pertama BPUPKI ini selesai, mereka mengambil masa reses. Pada masa reses tersebut, beberapa anggota BPUPKI melakukan perumusan kembali.

Momen itu hanya dihadiri sejumlah anggota BPUPKI yang kemudian disebut sebagai Panitia Sembilan. Anggota Panitia Sembilan itu terdiri dari Soekarno, Moh. Hatta, H. Agus Salim, Abikusno Cokrosuyoso, KH. Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusuma, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA. Maramis, Achmad Soebardjo.

Melalui proses perumusan yang dibuat oleh Panitia Sembilan tersebut, lahir rumusan dasar negara yang saat itu disebut sebagai Piagam Jakarta (Djakarta Charter).

Sekian tanya-jawab mengenai siapa sajakah toko yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia? tolong dijawab dengan bena…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.